Jumat, 28 Juni 2013

3 Contoh Yang Termasuk Protocol Tcp Selain Http


Ø FTP
Menggunakan protokol transport TCP untuk mengirimkan file. TCP dipakai sebagai protokol transport karena protokol ini memberikan garansi pengiriman dengan FTP yang dapat memungkinkan user mengakses file dan directory secara interaktif, diantaranya :
§  Melihat daftar file pada direktory remote dan lokal.
§  Menganti nama dan menghapus file
§  Transfer file dari host remote ke lokal (download)
§  Transfer file dari host lokal ke remote (upload)

Ø SMTP
Mampu menangani pesan berupa teks kode ASCII yang akan dikirimkan kedalam kotak surat mail boxes  pada host TCP/IP yang telah ditentukan untuk melayani e-mail. Mekanisme SMTP dimana user yang ingin mengirimkan email berinteraksi dengan mail system lokal lewat komponen user agent (UA) pada mail system. Email yang akan dikirim terlebih dahulu disimpan sementara dalam outgoing-mail-box, selanjutnya SMTP pengirim memproses email pada yang dikumpulkan pada outgoing-mail-box secara periodik. Jika pengirim SMTP menemukan email  pada outgoing-mail-box, maka secara langsung akan membuat koneksi TCP dengan host yang dituju untuk mengirimkan email. Penerima SMTP dalam proses sebagai tujuan yang harus meneima koneksi TCP, selanjutnya email dikirim pada koneksi ini. Pada penerima SMTP ini email disimpan dalam host tujuan pada masing-masing mail box sesuai dengan alamat tujuan. Jika mail box dengan nama yang tidak sesuai dengan nama mail box yang ada pada host tujuan, maka email dikirim kembali yang menunjukkan  mail box tidak ada.

Ø TELNET
Protokol TELNET dipakai untuk menyamai seperti terminal yang terkoneksi untuk host secara remote (berjauhan). Prinsip kerjanya menggunakan TCP sebagai protokol transport untuk mengirimkan informasi dari keyboard pada user menuju remote host serta menampilkan informasi dari remote host ke workstation pada user.

3 Contoh Yang Termasuk Protocol UDP Selain DNS

Ø SNMP
SNMP merupakan sistem yang dipergunakan untuk mengelola dan memonitor jaringan TCP/IP. Pada gambar dibawah ditunjukkan bahwa SNMP manager adalah suatu host khusus dalam jaringan yang dapat dipergunakan untuk mengirimkan pertanyaan yang berkisar untuk manajemen jaringan kepada host/node yang lain.
Ø TFTP
File-transfer protocol menggunakan TCP untuk mendapatkan komunikasi dalam jaringan yang dapat diandalkan. Jika jaringan sudah cukup dapat diandalkan, seperti umumnya pada jaringan LAN maka dapat dipergunakan file transfer protocol yang lebih sederhana, yaitu dapat digunakan user datagram protocol (UDP) untuk mendasari protocol transport (host-to-host). Sebagai contoh file-transfer protocol yang menggunakan UDP adalah trivial file transfer protocol (TFTP).
Ø SunRPC port 111

Tidak ada komentar:

Posting Komentar